Filled Under: ,

INTERNET - Pisau Bermata Dua

Siapa yang tidak kenal dengan internet. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, laki - laki juga perempuan, di desa apalagi perkotaan semuanya kenal yang namanya internet.
Tidak ada yang menyangkal bahwa internet saat ini menjadi sebuah kebutuhan sehari - hari yang hampir tidak bisa ditinggalkan baik yang hanya sekedar kebutuhan publikasi pribadi semata maupun dalam hal bisnis. Ya.. internet seolah - olah menjadikan seseorang begitu terkenal dan ekses didunia maya ini.
Untung sekali bagi orang - orang yang mengenal internet dari sisi yang positif dimana mereka bisa menghasilkan sesuatu dari internet, baik berupa materi maupun ketenaran. Namun alangkah sedihnya bagi orang - orang yang tersebur kelembah hitam dunia internet, selain tidak bermanfaat juga menghabiskan uang secara percuma dan malahan ada juga yang sampai terkena kasus pidana karena pelanggaran - pelanggaran undang - undang hukum IT.
Hal ini saya sampaikan khususnya buat anak didik saya yakni siswa SMA Negeri 3 Banjarbaru yang mana diumur mereka yang masih terlalu muda dan masih mencari jati diri, kadang karena mengikuti ke ingin tahuan dari hati mereka sehingga bisa terjerembah kearah hal - hal yang kurang bermanfaat.

Baiklah, sekarang mari kita simak sisi positif dan negatif pemakaian internet :

Sisi positif pemakaian internet :
  • Mengetahui informasi - informasi secara luas dan tidak terbatas
  • Dapat menghasilkan pendapatan melalui bisnis online
  • Memperbanyak pertemanan melalui sosial  network 
  • Mendapatkan bahan pembelajaran untuk keperluan sekolah atau kuliah

Sisi negatif pemakaian internet :
  • Menjadi cybercrime (penjahat didunia maya)
  • Menjadi maniak pornografi 
  • Kalau salah dalam memanfaatkan social network bukannya teman yang didapat malah musuh 
  • Membuang biaya dan waktu kalau salah pemanfaatan
Nah, kira - kira demikianlah hal yang bisa saya sampaikan. Bagi siswa - siswi atau teman - teman lainnya yang punya pendapat lain dipersilahkan untuk menambahkan.

0 comments:

Post a Comment